Duka Indonesia..

Duka Indonesia..

Belum selesai tangis dari bumi tasikmalaya menyusul kembali sebuah bencana gempa di sumatra barat. Kembali bumi berguncang memberitahukan keberadsaan dan pergerakanya. Mengapa?? tak ada yang tahu kenapa. Tapi harus kita yang beinteropeksi diri. Apakah ada yang salah dengan kita. Sebagai bangsa yang besar, bangsa yang telah lama di tempa oleh berbagai pengalaman-pengalaman baik jajahan maupun bencana. Masih tidak luput dari bencana. Gempa?! siapa yang bisa memprediksinya. Kemunculanya sama sekali belum ada yang bisa memperkirakan dan mempresiksinya. Apalagi letak geogologis indonesia yang berada di atas deretan lempengan bumi yang sangat berpotensi gempa. Memang kita harus siap kapan saja, Dan kejadian demi kejadian menjadi pelajaran mahal bagi kita yang tidak bisa kita lupakan begitu saja. Masih banyak yang harus kita perbaiki baik dari diri sendiri maupun bangsa kita ini. Agar kejadian-kejadian di masa yang akan datang nanti tidak menelan terlalu banyak korban.

Walaupun ada beberapa orang yang menafsirkan kejadian di padang kemaren dengan sebuah ayat al-quran yang di ambil dari waktu kejadain yaitu, jika kita telusuri waktu terjadinya gempa Padang, berdasar catatan waktu kejadian yang dilansir Kompas, 1 Oktober 2009 bahwa gempa pertama terjadi pada pukul 17.16 WIB. Sedangkan gempa susulan terjadi pada pukul 17.38. dan 17.16? adalah QS. Al Israa? ayat 16 dengan arti kurang lebih sebagai berikut :

?Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.?

Memang terlihat banyak ketimpangan di negeri ini. dan Betapa seharusnya kita menyadari akan hal itu. Lalu kenapa padang, Wallohu’alam. hanya Allah-lah? yang tahu. semoga menjadi hikmah bagi indonesia. Di tengah kegembiraan hari raya idul fitri, Peristiwa yang memilukan itu terjadi. Gempa, Di sertai longsor. Ratusan bahkan mungkin ribuan korban meninggal. belum di temukan dan tertimbun reruntuhan dan longsoran.

Ya Allah..! sesungguhnya aku ini adalh hambamu dan anak dari hambaMu, Ubun-ubunku, nasibku terletak di tanganMu, berlaku pada diriku hukumMu, Adillah segala Qodho (takdir)Mu yang berlaku atras diriku, aku mohon kepada Engaku dengan perantaraan setiap nama yang Engkau milikiyang telah engkau tetapkan menjadi namaMu, atau Nama yang Engkau turunkan dalam kitab engkau(AlQur?an), atau nama yang pernah engkau ajarkan kepada salah satu dari mahlukmu, atau nama yang hanya engkau saja yang mengetahuinya dengan ilmu Ghaib yang hanya engkau saja yang memilikinya, agar engkau jadikan Al Qur?an yang agung itu menjadi masa kembang dalam hatiku, menjadi sinar mataku, dan menjadi pelenyap dari kesedihanku, penyirna dari kesusahan dan kepiluan hatiku.

Turut berduka cipta yang sangat dalam atas bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Apapun itu, Pastilah Allah mempunyai maksud dan skenario kenapa itu terjadi. Agar kita lebih tajam membaca alam, lebih menyadari keberadaaNya kapan saja dan di mana saja. Untuk mempersiapkan diri kita menjemput maut yang bisa kapan saja. Agarkita tidak lupa menyebutNya dengan Nama-nama agungNya. Agartidak kita teruskan melakukan perusakan-perusakan di bumi ini. Agar kita lebih mencintai bumi kita yang semakin tua ini. Agar kita mengurangi kebejatan-kebejatan yang terjadi di indonesia ini.
Mari cintai Indonesia kita dengan menjaganya. Karena amanah besar ini ada di tangan kita semua. Sebuah amanah yang suatu saat akan di pertanggungjawabkan pertanggungjawaban kita. TEGARLAH INDONESIA? KUATLAH? ENGKAU PASTI BISA?!

32 Comments

  1. Author
    Firefox 3.5.3 Windows XP

    wah iya nih om khai…!
    habis lebaran lagi sibuk banget di kantor, jangankan buat postingan blog walking aja seperlunya..

  2. Firefox 3.0.3 Windows XP

    Haloo Om Agus.. makasih udah mampir t4 saya…. 🙂

    Semoga kita semua tetep bisa tegar yah Mas.. semoga segera stabil lempeng2 bumi ini shg tidak terjadi gempa tektonik lagi.. AMien..

Leave a Reply